5 APLIKASI
NEW MEDIA
WHATSAPP
Apa itu WhatsApp?
Whatsapp adalah sebuah
aplikasi Instant Messaging yang digunakan untuk bertukan pesan dan juga
bertukar file. Whatsapp merupakan aplikasi yang hampir mirip dengan Blackberry
Messanger (BBM). Aplikasi whatsapp tidak perlu menggunakan biaya ketika sedang
berinteraksi, aplikasi ini menggunakan koneksi 3G ataupun koneksi wifi.
Sejarah
Awal mula whatsapp
diperuntukan untuk pengguna iphone, namun dengan berkembangnya teknologi maka
whatsapp bisa digunakan untuk pengguna Blackberry, Android, dan Symbian. Dan
aplikasi ini merupkan aplikasi yang sering diunduh di OVI Store Nokia setelah
Swype dan NHL Game Center.
Pendaftaran
Pendaftaran
Sebelum
menggunakan WhatsApp anda harus mengisntall WhatsApp dengan cara sebagai
berikut:
·
Download
aplikasi tersebut dari websitenya.
·
Daftarkan
nomor telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena
WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk mendaftar anda dalam databasenya.
·
Aplikasi
kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan Anda
untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah Anda
mengkonfirmasi nomor telepon Anda, Anda siap untuk menggunakannya.
·
Aplikasi
WhatsApp akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukkan
siapa-siapa saja yang sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja
yang sudah masuk ke daftar, tekan pada tab contact. Mereka yang menggunakan
WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka.
·
Anda
dapat juga mengundang teman Anda untuk menggunakan WhatsApp aplikasi dengan menggunakan “Invite Friends”
Platform yang didukung
WhatsApp
dapat dijalankan pada beberapa platform yaitu:
·
Nokia
Series 40
Penggunaan
WhatsApp dapat digunakan untuk pengguna iPhone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Aplikasi WhatsApp hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasiWhatsApp. Aplikasi WhatsApp ini dapat diunduh secara gratis di websitenya. Aplikasi ini menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan pengguna BlackBerry, iPhone, dan Symbian untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan
WhatsApp dapat digunakan untuk pengguna iPhone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Aplikasi WhatsApp hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasiWhatsApp. Aplikasi WhatsApp ini dapat diunduh secara gratis di websitenya. Aplikasi ini menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan pengguna BlackBerry, iPhone, dan Symbian untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan
Kestabilan
Koneksi
WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui
jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya.
Aplikasi WhatsApp ini tidak keluar (quit) saat tidak ada koneksi internet. Anda
dapat melihat kontak maupun perbincangan dengan teman Anda walaupun tidak ada
koneksi internet. Seperti pada BlackBerry Messenger, apabila tidak ada koneksi
internet, Anda tetap dapat membuka aplikasi tersebut tapi saat Anda coba untuk mengirim pesan,
terdapat tanda jam yang menandakan pesan Anda ditunda pengirimannya sampai
terdapat koneksi internet.
Notifikasi
Terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru
di bagian pengaturan. Anda dapat memilih menampilkan pesan baru secara Pop
Up atau
hanya tampil di notification Area. Anda pun dapat mengatur suara panggilan di
bagian pengaturan.
No HP sebagai PIN
Berbeda dengan BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN
unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, no hp
teman Anda yang diperlukan. Menariknya, Anda tidak perlu menambahkan teman di
dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Cukup isi daftar Phonebook Anda dengan teman
Anda beserta no hp nya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol
refresh di option saat berada di daftar teman (+). Nah, apabila teman Anda
terdaftar menggunakan no HP tersebut, WhatsApp akan mencarinya sendiri dan
menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Saat pertama kali
menginstallnya, Anda akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara
otomatis. WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila
no hp teman Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.
Tanda pesan terkirim dan sudah dibaca
Tanda pesan terkirim dan sudah dibaca
Fitur ini mirip sekali dengan BlackBerry Messenger. Kalau di BlackBerry Messenger menggunakan tanda D dan
R, di WhatsApp menggunakan tanda centang. Centang 1x artinya terkirim ke
server, centang 2x artinya sudah terkirim ke HP lawan bicara, kecuali pada
pecakapan kelompok (group). Apabila tidak koneksi internet, akan muncul tanda
jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda. WhatsApp dapat mengirim
file-file seperti :
·
Foto
(langsung dari kamera, file manager dan media galery)
·
Video
(langsung dari video kamera, file manager dan media galery)
·
Audio
(langsung merekam suara, dari file manager, dari music galery)
·
Location
(Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps)
·
Contact
(mengirim detail kontak dari phonebook)
Fitur
lain-lain
Fitur
lain yang terdapat di WhatsApp adalah:
·
View Contact: Anda dapat melihat contact di phonebook, WhatsApp juga
muncul sebagai daftar contact di phonebook
·
Avatar : Anda tidak dapat mengganti Avatar secara manual, WhatsApp
akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebookdengan Phonebook, maka avatar yang muncul
adalah avatar Facebook.
·
Add conversation shortcut : dapat juga
menambahkan shortcut conversation ke homescreen.
·
Copy/Paste : Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy,
forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.
·
Smile icon : Untuk menambahkan serunya perbincangan, Anda pun
dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan,
seperti : smile
emotions,
icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.
·
Search : fitur dasar setiap IM, Anda dapat mencari daftar
contact melalui fitur ini.
·
Call : karena pin WhatsApp ini sama dengan no telp/hp
teman, Anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.
·
Block: digunakan untuk memblok kontak tertentu.
·
Status : seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di
WhatsApp. Namun tidak seperti BBM yang menampilkan update terbaru setiap ada
perubahan status dari teman, WhatsApp hanya menampilkan status dibawah nama
teman, mirip dengan di Yahoo Messenger. Anda pun dapat mengganti status yang
sudah tersedia di WhatsApp seperti available, busy, at school dll.
Kelebihan
Beberapa
keuntungan memakai WhatsApp :
·
Tidak
hanya teks : WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara,
dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps. Media tersebut langsung
dapat ditampilkan dan bukan berupa link.
·
Terintegrasi
ke dalam sistem : WhatsApp, layaknya sms, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk
ketika handphone sedang off akan tetap
disampaikan jika handphone sudah on.
·
Status
Pesan : - Jam Merah untuk proses loading di HP kita - Tanda Centang jika
pesan terkirim ke jaringan - Tanda centang ganda jika pesan sudah terkirim ke
teman chat. - Silang merah jika pesan gagal
·
Broadcats dan Group
chat: Broadcast untuk kirim pesan ke
banyak pengguna. Group
chat untuk
mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.
·
Hemat Bandwidth : Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu
login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk,
sehingga bisa menghemat batrei
Kekurangan
·
Hanya gratis
pada tahun pertama, selanjutnya harus bayar $1,99 per tahun.
GOOGLE+
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial
seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles,
Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+
juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi
hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya
terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang
telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.
Fitur
Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan
situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn. Cara Google+ menampilkan
pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca, dan link ke posting juga mirip
dengan "Pemberitahuan" di Facebook.
§
"Circles" memungkinkan pengguna untuk
mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi, across various Google products and services. Meskipun
pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran
pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka. Pengaturan
privasi juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan
mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan
dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa
digunakan oleh situs-situs seperti Facebook.
§
"Messenger"(sebelumnya dikenal sebagai
Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS
untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
§
"Hangouts" adalah tempat yang digunakan
untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang
berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun
di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan
memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.
§
"Instant Upload" khusus untuk ponsel Android untuk
menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
§
"Sparks" adalah sebuah front-end
untuk Google
Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik
mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan
kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global
menemukan sesuatu yang menarik.
§
"Streams," pengguna melihat perkembangan
terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip
dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan
pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah
dan berbagi foto dan video.
§
"Games", 16 permainan telah dirilis pada bulan
Agustus.
Dampak desain
Pengenalan
Google+ telah memberikan dampak pada desain layanan pencarian web Google,
karena mendesain ulang grafis (keliru dikaitkan dengan Andy Hertzfeld). Ada
perbaikan bersama spekulasi dampak yang lebih luas setelah Google+ sepenuhnya
berguling-out (?), termasuk beberapa desain ulang yaitu Google Maps, Google
Mail danKalender
Google. Reaksi publik atas Google+ sudah positif.
Secara khusus, ada perubahan terhadap Album
Web Picasa:
§
Setelah menandai seseorang, mereka menerima pemberitahuan
dan dapat melihat foto dan album terkait.
§
Untuk album baru, ada album bersama dengan dapat melihat
siapa yang membagikan hal tersebut.
§
Album seseorang bersama dapat ditandai dan kembali
bersama oleh orang lain.
§
Foto hingga 2048 × 2048 piksel dan video sampai 15 menit
tidak akan dihitung terhadap kuota 1 GB penyimpanan untuk pengguna Google+
(ukuran 800 × 800 piksel untuk non-pengguna Google+), menciptakan penyimpan
"hampir tak terbatas" untuk pengguna ponsel.
Sensor
Dalam hari
peluncuran situs web, berbagai kantor berita melaporkan bahwa Google+ diblokir
oleh Cina. Ini adalah
bagian dari kebijakan yang lebih luas dari Sensor di Cina.Pemerintah Iran juga
telah memblokir akses ke Google+ sejak 11 Juli 2011.
Informasi
Bergabung
dengan layanan ini memerlukan pengungkapan nama asli dan jenis kelamin ke publik. Pengguna memiliki
pilihan untuk memilih "Male," "Female," dan
"Other." Persyaratan ini dikritik oleh weblog SlashGear karena
menyebabkan kurangnya privasi dan, bersama dengan Facebook dan jaringan sosial, untuk memaksa pengguna untuk memilih di
antara kategori terbatas yang menggambarkan prasangka deskriptor jenis kelamin.
Paparan jenis kelamin wajib terhadap publik menyebabkan kritik untuk membuat
profil publik Google yang lebih tua.
Google telah menangguhkan akun karena
pengguna tidak menggunakan nama asli mereka.
BlackBerry Messenger
BlackBerry
Messenger adalah program pengirim
pesan instan yang disediakan untuk para pengguna
perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di
kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo
Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna
perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu
keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di
antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung
nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing
perangkat BlackBerry.
Perkembangan
BlackBerry
Messenger memiliki beberapa versi terdahulu yang disesuaikan dengan tipe
masing-masing perangkat, yaitu:
§
OTA OS 4.5,
untuk tipe 83xx / 81xx
§
OTA OS 4.6,
untuk tipe 9000 Bold
§
OTA OS 4.6.1,
untuk tipe 8900 Javelin
§
OTA OS 4.7,
untuk tipe 95xx
Research
In Motion (RIM) sebagai pemegang lisensi BlackBerry secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger
versi terbaru yaitu OTA OS 5.0 untuk tipe 83xx / 81xx, 9000 Bold, 8900 Javelin,
95xx pada tanggal 13 Oktober 2009 di Indonesia.
Research
In Motion (RIM) secara resmi meluncurkan BlackBerry Messenger untuk PlayBook
dengan cara menghubungkan BlackBerry yang dihubungkan dengan BlackBerry Bridge.
Fitur
BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7
Aplikasi
BlackBerry Messenger versi 4.5/4.6/4.6.1/4.7 mempunyai tampilan yang masih
sangat sederhana, yang hanya terdiri dari nama-nama kontak dan status.
Menampilkan
kontak dan status
BlackBerry Messenger dapat menampilkan kontak
dan status dari masing-masing pengguna. Untuk membuat suatu hubungan antar
pengguna perangkat BlackBerry di dalam BlackBerry Messenger, pengguna harus
menambah kontak dengan cara memasukkan nomor PIN dari pengguna lain. Selain menggunakan nomor PIN, menambah kontak bisa dilakukan dengan
memasukkan alamat surat elektronik masing-masing pengguna. Selain itu,seperti
layaknya Facebook atau Twitter, dalam BlackBerry Messenger juga dapat menampilkan
status masing-masing pengguna yang akan muncul bersama dengan daftar kontak.
Pengguna dapat memperbaharui status kapanpun dan dimanapun, hanya dengan
mengetik status yang diinginkan di kolom status.
Berbagi
Berkas
Pengguna BlackBerry Messenger juga dapat
membagi berkas yang berupa data selain foto dan suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger
antar sesama pengguna. Berkas yang dikirimkan melalui aplikasi ini dapat
tersampaikan ke pengguna yang dituju secara cepat dan mudah.
Percakapan
Grup
Dalam BlackBerry Messenger, pengguna juga
dapat membuat percakapan grup. Mereka dapat melakukan percakapan dengan
beberapa orang dengan waktu yang bersamaan. Untuk membuat suatu grup percakapan
pengguna harus mengundang beberapa kontak untuk ikut dalam percakapan dalam
grup ini. dalam satu goup beranggotakan maksimal 30.
BlackBerry Messenger versi 5.0
Versi
terbaru dari BlackBerry Messenger ini tentu saja banyak memiliki kelebihan
dibandingkan dengan versi terdahulunya. Aplikasi baru ini juga sudah dapat
diunduh langsung di situs resmi BlackBerry.
Identitas
Kode Batang
Jika sebelumnya menambah kontak BlackBerry
Messenger hanya dengan nomor PIN atau alamat surat elektronik saja pengguna , dengan BlackBerry Messenger
versi 5.0, kode batang spesial yang ada di layar BlackBerry
Messenger di masing-masing pengguna perangkat BlackBerry dapat dipindai secara otomatis dan mengundang
kontak baru untuk bergabung dengan daftar kontak BlackBerry Messenger.
Contohnya dengan menggunakan kamera pada perangkat BlackBerry. Syaratnya perangkat harus mempunyai kamerauntuk
memindai kode batang perangkat lain. Kode batang ini juga dapat memudahkan pengguna BlackBerry untuk saling bertukar informasi kontak.
Pengguna dapat melihat di Ubah Info Saya dan dapat digunakan untuk menyimpan
data pribadi seperti nama, PIN BlackBerry, tautan situs dan yang lainnya.
Avatar
Selain nama, pengguna dapat mengatur gambar
tampilan sebagai personal avatar mereka. Avatar sebagai representasi pengguna tentang dirinya sendiri
ataupun ego. Avatar dapat secara otomatis terlihat pada kontak BlackBerry
Messenger. BlackBerry Messenger versi 5.0 juga mengumpulkan avatar dari semua kontak yang ada dalam kontak BlackBerry pengguna.
Perbaharui
Status
BlackBerry Messenger versi 5.0 dapat
memungkinkan pengguna dapat memantau perubahan status dari setiap kontaknya.
Pengguna bisa meng-klik panel Keadaan Terbaru di atas panel info tampilan Messenger untuk menampilkan daftar kontak yang baru saja
memperbaharui status. Notifikasi akan selalu muncul di panel Keadaan Terbaru
setiap kontak lain memperbaharui status mereka.
Kontak
Cadangan
Jika pada versi BlackBerry Messenger
terdahulu, cara menjaga data PIN kontak BlackBerry Messenger adalah dengan
menyalin ke Buku Alamat, dengan BlackBerry Messenger versi 5.0, pengguna hanya
tinggal meng-klik saja Salin Daftar Kontak di tampilan menu. Pilihan tempat
penyimpanan untuk menyimpan data kontak bisa ke memori internal atau memori
eksternal.
Pesan
Penyiaran
Membagi info ke seluruh atau beberapa kontak
tidak perlu dengan cara mengetiknya satu persatu. Klik Pesan Penyiaran pada
menu untuk mengirim info yang sama ke beberapa kontak sekaligus. Klik Semua untuk
mengirim pesan yang sama ke semua kontak, atau pilih beberapa kontak saja
dengan memilih nama-nama kontak tertentu dari daftar kontak.
Membagi
Lokasi
Jika
ingin membagi lokasi dari posisi berada atau ingin membagi lokasi sebuah
tempat, klik Kirim Lokasi pada menu. Pilihan untuk mengirimkan lokasi bisa
langsung dari lokasi berada dengan memanfaatkan fitur GPS, atau dari data lokasi yang telah disimpan
sebelumnya di Peta BlackBerry. Permintaan lokasi kontak bisa juga dilakukan
atau mengatur notifikasi kedekatan dengan kontak lain.
Fungsi Grup
Baru
Pada BlackBerry Messenger versi sebelumnya,
fasilitas untuk melakukan percakapan secara berkelompok memang sudah ada. Hanya
saja pada BlackBerry Messenger versi 5.0, fasilitas percakapan secara
berkelompok ini bisa disertai dengan subyek obrolan. Jadi kontak yang baru
diundang ketika percakapan sudah berlangsung tidak akan bingung untuk mengikuti
topik percakapan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat atau bergabung
dengan grup seseorang untuk tetap terhubung dan berbagi pengalaman secara waktu
yang asli. Pengguna juga dapat melakukan percakapan maya dan berbagi
pembaharuan lokasi, alamat, kalender, foto,
daftar dan banyak lagi. Satu grup dapat menampung sebanyak 30 anggota.
Transfer
Berkas Berukuran Besar
Dengan
BlackBerry Messenger versi 5.0, pengguna dapat berbagi berkas foto,
suara, kontak telepon dan kontak BlackBerry Messenger berukuran besar sampai
dengan ukuran 6MB. BlackBerry Messenger versi 5.0 ini juga mendukung pengiriman
berkas video.
Pengiriman berkas melalui BlackBerry Messenger versi 5.0 ini memungkinkan
pengguna untuk mengirimkan berkas secara mudah dan cepat.
Lambang
Tampilan Awal
Ada kalanya pengguna terlibat dalam
percakapan seru dengan salah satu kontak, tetapi disaat yang bersamaan harus
mengecek aktivitas lain di perangkat. Jelas agak merepotkan jika harus buka
tutup layar BlackBerry Messenger. Pada BlackBerry Messenger versi 5.0 terdapat
fasilitas untuk menempatkan kontak di layar tampilan awal. Jadi untuk membuka
layar percakapan cukup mengakses dari lambang kontak yang ditempatkan pada
tampilan awal.
Cara Memasang
Seiring
dengan perkembangan versi BlackBerry Messenger, pengguna dapat memperbaharui
aplikasi BlackBerry Messenger terdahulu dengan versi terbaru di masing-masing
perangkat BlackBerry. Berikut adalah cara memasang aplikasi BlackBerry
Messenger versi terbaru yaitu BlackBerry Messenger versi 5.0:
§
Taruh ulang
seluruh data cadangan pada perangkat menggunakan Manajer Komputer.
§
Hapus
aplikasi BlackBerry Messenger versi sebelumnya dari perangkat pengguna dengan
cara Pilihan – Pilihan selanjutnya – Aplikasi. Pilih: BlackBerry Messenger.
Tekan tombol pilihan - Hapus – Oke.
§
Pilih berkas
instalasi BlackBerry Massenger 5.0 yang sesuai dengan OS yang digunakan pada
perangkat
1.
Seri
8100/8110/8120/8300/8310/8320
2.
Seri 8220
3.
Seri 8900
4.
Seri 9000
5.
Seri 9500
§
Unduh berkas
instalasi dari situs resmi atau tautan yang tepercaya. Situs yang disarankan
adalah situs resmi dari BlackBerry.
TWITTER
Twitter
merupakan salah satu media yang memiliki muatan karakter hanya 140. Jejaring
ini didirikan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evans William dan Biz Stone yang
bermarkas di San Fransisco. Sejak diluncurkan tanggal 15 Juli 2006 perusahaan
mikroblog ini memiliki 900+ karyawan (2012). Situs mikroblog ini memiliki 140
juta pengguna (aktif Maret 2012) dan menempati peringkat kedelapan (Juni 2012).
Sejarah
Twitter
berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari
Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey
memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk
berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21
secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri
pada bulan April 2007.
Popularitas
Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by
Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter
meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu
sangat positif.
Pada
tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru
dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5
Juni 2012.
Pertumbuhan
Sudah
lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun
2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal
pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah
dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang
dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta
per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap
hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna
Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh,
rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan
per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada
tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang
dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal
ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal
dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna
memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael
Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
Pesan
Pengguna
dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (hashtag).
Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa
menggunakan tanda @.
Pesan
pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan
dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan
slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter 140 juga
meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan
tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan
NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada
140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL
yang dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada
halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang
menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
Profil
Pada
halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri
serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut
adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna
lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti
tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan
dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain
agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman
utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya
konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung
menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan
ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi
pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara
pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali
pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar
yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang
sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna
twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai
sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna(username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara
garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam
suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase
atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih
tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan
tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui
upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang
untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut
membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia.
Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya
bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2
jenis Topik Hangat (Trending
Topic) yang menjadi acuan
pengguna di Indonesia, yaitu Topik
Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik
Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di
Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak
peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan
(dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla,
Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter
dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan
Isi
Kicauan menurut Pear Analytics.
§
Celoteh tidak
berarti - 40%
§
Percakapan -
38%
§
Nilai
lewat-terus (pass-along) - 9%
§
Promosi diri
- 6%
§
Berita - 4%
§
Spam - 4%
Peringkat
Twitter
adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di
seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog
entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang
digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta
pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai
situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki
pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada
Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang
dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian
besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta
kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di
antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu,TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity
Demografi
Menurut
sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah
demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah
53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75%
dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar
pengguna.
Pada
perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang
dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi
oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah
berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut
adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut
akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis.
Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai
pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
Kerahasiaan
pribadi dan keamanan
Menanggapi
pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap
layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama
kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan
keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan
informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang
komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada
tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm)
XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing
komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil
dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan
iklan (pop-up ad)
dan tautan ke situs porno.
Penggunaan
Twitter di Indonesia
Di
Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan
oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat
Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter
terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Riset dan Kritik
Banyak
yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan
dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena
mereka selalu menerima pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai
penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan
perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial
modern membantu seseorang berinteraksi namun kendala biologis dan fisik
membatasi hubungan sosial secara stabil.
Nielsen
Online melaporkan bahwa Twitter memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar
40%. Banyak orang berhenti menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena
situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada
bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai menyindir Twitter. Banyak
karakter menyoroti kicauan yang mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend
updates) terus-menerus. SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai
kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih dari “teriakan ke kegelapan
berharap seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy menganalisis lebih dari 500.000 update
oleh 2,4 juta pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi
kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan
pola seharian.
Alessio
Signorini menggunakan
data menciak pengguna Twitter untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1
di Amerika Serikat. Marcel Salathé dan Shashank
Khandelwalmelacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter berkorelasi
dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan negatif atau
positif mempengaruhi pengguna lain
KASKUS
S
|
iapa
yang tak kenal KASKUS di era modern saat ini. Kaskus merupakan komunitas maya
terbesar yang ada di Indonesia yang memiliki jumlah pengguna sekitar 4,5 juta.
Kaskuser merupakan nama ataupun sebutan bagi pengguna kaskus. Kaskus didirikan
oleh 3 mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Seatle, Amerika Serikat.
Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan merupakan pendiri kaskus.
Kaskus dikelola oleh PT Darta Media Indonesia yang lahir pada tanggal 6
November 1999. Dan blog ini dilihat oleh 15000 pengunjung setiap harinya.
Sejarah
Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, di Seattle, Amerika Serikat.
Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar
negeri. Nama "Kaskus" sendiri merupakan
singkatan dari kata "kasak-kusuk".
Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus
sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali
sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.
Pada tanggal 23 Mei 2006
manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena
penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang
situs-situs besar Indonesia di mana Kaskus masuk dalam target penyerangan.
Karena saking padatnya
pengunjung, pada Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah dua server baru untuk meningkatkan performa situs Kaskus
(Dell Server).
Pada Juli 2008, Pengelola
Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut
Kaskus membeli delapan server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui
jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat
ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan delapan server lagi sehingga total yang akan beroperasi di
bulan September adalah enam belas server.
Awal tahun 2011, Kaskus
mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan menjalin hubungan kerja sama dengan Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari PTDjarum.[12] Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah server-nya
hingga 250 buah serta melakukan perekrutan pegawai baru hingga delapan puluh
orang.
Pada tanggal 26 Mei 2012
manajemen Kaskus mengubah lagi domain .us menjadi .co.id karena mengalami gangguan dengan DNS.
Serangan DDOS
Penyerangan mengakibatkan thread-threadyang telah
dibuat terpaksa dikunci (lock).
Pada tanggal 16-17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh
oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree.[15] Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa menguncithread-thread yang ada.
Penyerangan tersebut diduga
terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa
hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai
salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di
salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree
berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya,
administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus.
Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai
ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahi pertikaian di antara
keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs
masing-masing.
Meskipun kerusakan yang
ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, administrator Kaskus menjanjikan
bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta. Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data
yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008,
sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali.
UU
ITE
Kaskus sebelum mengganti tampilan.
Sebelum UU ITE diberlakukan,
Kaskus memiliki dua forum kontroversial, BB17 dan Fight Club. BB17 (kependekan
dari buka-bukaan 17 tahun) adalah sebuah forum khusus dewasa tempat
pengguna dapat berbagi, baik gambar maupun cerita dewasa. Sementara itu, Fight
Club adalah forum yang dikhususkan sebagai tempat berdebat yang benar-benar bebas
tanpa dikontrol. Seringkali masalah yang diperdebatkan berkaitan dengan SARA. Penghinaan
terhadap suku dan agama lazim terjadi.
Setelah diberlakukannya UU ITE,
Kaskus segera menutup BB17 karena bertentangan dengan UU ITE tentang penyebaran
materi pornografi. Fight Club diubah namanya menjadi Debate Club. Fight Club dan Debate Club pada dasarnya memiliki
fungsi yang sama sebagai tempat untuk berdebat, hanya saja kontrol di Debate
Club diperketat. Setiap thread baru yang dibuat user terlebih dahulu disensor oleh moderator. Bila
dianggap tidak layak dan membahas SARA, maka thread itu akan dihapus.
Untuk menghapus citra negatif
Kaskus sebagai media undergrounddan situs porno, Kaskus mengubah tampilannya pada tanggal 17 Agustus 2008. Tampilan baru kaskus dibuat penuh warna.
Selain itu, Kaskus juga menambahkan fitur-fitur baru seperti blog dan Kaskus
mobile/WAP.
Fitur
KasPay
Ada sebuah layanan terbaru dari
situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara ''online'' yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat
6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The
East Euilding, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak
hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang
berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di
seluruh transaksi online.
Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman
dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan
dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.
e-pulsa
e-pulsa adalah
sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika
kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan
operator didukung di Kaskus e-pulsa.
Kaskus
Ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau
beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus
membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau pengguna
kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena Kaskus
mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.
Kaskus
Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah
Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang
biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang memutarkan
lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa
Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.
Kaskus
Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus
yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar
perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile
adalahm.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.
Sub-forum
Loe-Ke-Loe
Forum tempat para pengguna Kaskus
dapat menemukan dan membahas mengenai topik khusus, seperti komunitas, hobi,
gaya hidup, dan apa yang mereka sukai. Secara harfiah, arti dari
"Loe-Ke-Loe" adalah "dari Anda, untuk Anda".
Loe-Ke-Loe memiliki sub-forum
sebagai berikut:
§ All About Design,
§ AMH (Anime Manga Haven),
§ Teknik,
§ Computer Stuff,
§ Cooking mencooking + restaurant guide,
§ Fit & Healthy Lifestyle,
§ Gadget & Gizmo,
§ Games,
§ Handphone & PDA,
§ Ilmu Marketing,
§ Health & Medical,
§ Lifestyle,
§ Model Kit & R/C,
|
§ Movies,
§
Music,
§ My Pets,
§ Otomotif,
§ Outdoor Adventures & Nature Club,
§ Photography,
§ Sports,
§ Supranatural,
§ Tanaman,
§ Travellers,
§ Wedding and family,
§ Activity & Hobby,
§ Mobile Broadband.
|
Cas-Cis-Cus
Forum tempat para pengguna Kaskus
dapat berbicara mengenai berbagai topik bebas seperti masalah politik, berita
umum, atau hanya sekadar membicarakan pengalaman pribadi.
Cas-Cis-Cus memiliki sub-forum
sebagai berikut:
§ Welcome to Kaskus,
§ The Lounge,
§ Surat Pembaca,
§ Berita & Politik
§ Militer & Kepolisian,
§ Business Board,
§ Can You Solve This Game?,
§ Debate Club,
§ Disturbing Picture,
§ Education
§ English,
|
§ Girls & Boy's Corner
§ Heart to Heart,
§ Jokes & Cartoon,
§ Event from Kaskuser,
§ Seputar Pemilu 2009,
§ Young On Top Kaskus Community,
§ Nokia,
§ Melek Hukum,
§ Perencanaan Keuangan,
§ Buku,
§ Digital Startup Lokal.
|
Forum
Jual-Beli
Forum tempat para pengguna Kaskus
dapat menjual dan/atau membeli suatu barang/jasa yang diinginkan. Forum ini
merupakan salah satu forum utama Kaskus, bisa dilihat dari banyaknya sub-forum
yang terdapat di forum ini. Barang/jasa yang dijual di forum ini sangat
beragam, mulai dari kaos oblong seharga Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah)
sampai dengan hak kepemilikan tanah seharga Rp260.000.000.000 (dua ratus enam
puluh miliar rupiah).
Forum Jual Beli atau disingkat
menjadi FJB memiliki sub-forum sebagai berikut:
§
Antik,
§
Art &
Design,
§
Baby &
Kids Stuff ,
§
Bisnis,
Industry & Supplier,
§
Buku,
§
Camera &
Aksesoris,
§
CD & DVD,
§
Collectibles,
§
Computer,
§
Elektronik,
§
Face &
Body Care,
§
Fashion &
Mode,
§
Flora &
Fauna,
§
Food, Drink
& Medicine,
§
Furniture,
§
Handphone
& PDA,
§
Hardware
& Tools,
§
Kerajinan
Tangan,
§
Musical
Instrument,
§
Otomotif,
§
Peralatan
Kantor,
§
Peralatan
Rumah Tangga,
§
Perhiasan
& Jam Tangan,
§
Property,
§
Services,
§
Sports
Equipment,
§
Ticket
Events,
§
Tour &
Travel,
§
Toys &
Hobbies,
§
Web Hosting
& Services,
§
Video Games,
§
Readme,
§
Review,
§
Others,
§
Feedback dan
Testimonial.
Kaskus Corner
Forum tempat para pengguna
Kaskus dapat mendapatkan info mengenai acara/kegiatan tertentu seperti bakti
sosial, gathering, atau seminar yang diselenggarakan oleh Kaskus atau
pengguna terdaftar yang bersangkutan.
Kaskus Corner memiliki
sub-forum sebagai berikut:
§ Kaskus Celeb,
§ Kaskus Peduli,
§ Kaskus Promo,
§ Cinta Indonesiaku,
Tingkatan Pengguna
Tingkatan pengguna (pangkat)
akan naik apabila memberikan komentar pada thread yang ada atau tidak memberi komentar yang
tidak bermutu (nge-junk), tingkatan pengguna itu terdiri atas:
Pengguna notable
§ Exc@libur dan Black
Angel. Kaskuser yang sempat dicari karena keterlibatannya menyebarkan
rekaman kotak hitam Adam Air
Penerbangan 574 di
dunia maya.
|
0 komentar:
Posting Komentar