Rabu, 19 November 2014

CARA MENGATASI KEBOSANAN

Cara Mengatasi Kebosanan

Seringkali kita merasakan jenuh karena rutinitas yang itu – itu saja. Tak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak mengalami kejenuhan atau rasa bosan. Sebab kejenuhan merupakan satu sifat yang ada secara alamiah di dalam diri seseorang. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa jenuh? Nah, ini ada beberapa tips yang perlu kita lakukan.
1.    Berkumpul dengan teman
Berkumpul dengan teman mungkin melebihi waktu daripada berkumpul bersama keluarga, waktu kita lebih banyak dihabiskan bersama teman – teman daripada keluarga. Kita mungkin tak sadar bahwa jumlah teman yang kita punya amatlah banyak. Entah itu teman sepermainan, teman sekolah, hingga teman kuliah. Ketika kita berkumpul dengan teman biasanya dapat merubah suasana hati yang sebelumnya kurang nyaman atau penuh dengan kebimbangan bahkan ketakutan sekalipun seketika akan berubah menjadi ceria, seolah olah tidak terjadi apa – apa sebelumnya. Teman dapat memecahkan kejenuhan kita dengan kelakuan konyolnya ataupun kita bisa berbicara mengeluarkan apa yang kita rasakan dan terkadang teman bisa memberikan solusinya.
2.    Salurkan hobby
Hobby adalah sesuatu perilaku yang dilakukan atas dasar kesenangan atau kecintaan terhadap suatu kegiatan. Ini merupakan salah satu kegiatan yang kita lakukan saat mengalami kejenuhan. Ketika kita melakukan kegiatan yang kita senangi biasanya kita akan berpikir out of the box. Sesuatu hal yang sebelumnya tak terpikirkan seketika terlintas untuk mencoba pemikiran lain dengan kegiatan yang sama. Dan selain hanya melakukan kegiatan yang kita senangi terkadang kegiatan ini bisa mengeluarkan apa yang kita rasakan dan bahkan terkadang bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Misalkan ketika kita sangat suka menulis puisi, cerita pendek atau bahkan novel setelah dibuat kita bias menawarkan ke took buku untuk diperjual belikan. Wow tentu saja itu merupakan salah satu hobby yang sangat menggiurkan.
3.    Pergi ke tempat yang membuat nyaman
Tentu saja hal yang paling sering ketika kita mengalami kejenuhan adalah jalan – jalan. Jalan – jalan ke tempat yang kita anggap nyaman juga dapat merubah mood kita. Karena biasanya di tempat – tempat tersebut dapat kita jumpai hal unik atau hal dengan suasana yang berbeda dari rutinitas kita. Dan di tempat pula itu kita bisa melepaskan semua rasa dengan bebas. Banyak tempat yang bisa kita kunjungi antara lain seperti gunung, pantai, mall ataupun tempat rekreasi lainnya. Ya kalau untuk anak muda jaman sekarang bias dikatakan sebagai cara untuk mencuci mata hehehe.
4.    Mencari sesuatu yang baru
Dan ini merupakan cara yang terkadang banyak orang tidak lakukan. Berani keluar dari zona aman saat ini hal yang paling ditakuti. Setiap orang memaksakan untuk hidup mengikuti arus dan tidak berani melawan arus. Mungkin cara seperti ini harus dicoba untuk mengatasi kejenuhan. Ya lebih tepatnya mencari sebuah tantangan dengan tingkat kesulitan yang sebelumnya kita anggap tak akan mampu untuk melakukannya. Ada satu kutipan yang sering saya tanamkan “Manusia akan terus mengikuti dan berdiam diri pada zona yang paling aman dalam hidupnya sebab menguntungkan, serta tidak mau mencoba untuk keluar dari zona aman tersebut untuk berpindah ke zona yang paling nyaman yang dia belum tahu bahwa kehiudapannya akan lebih baik”.

Di atas merupakan tips atau cara yang mungkin bisa dilakukan oleh kalian para pembaca untuk mengatasi kejenuhan :D


0 komentar:

Posting Komentar