Kamis, 15 Januari 2015

KIAT MENGHADAPI INTERVIEW

KIAT MENGHADAPI INTERVIEW
Interview merupakan salah satu ujian terakhir yang harus dilewati oleh calon pekerja baru. Banyak orang yang gagal dalam melakukan ujian terakhir ini. Sikap dan karakter merupakan hal yang penting yang harus kita perlihatkan ketika ingin melakukan interview. Berikut merupakan kiat kiat yang diperlukan ketika melakukan interview :
  1. Datang lebih awal
Datang lebih awal merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengatur emosi saat melakukan interview. Sebab apabila kita datang terlambat kita akan tergesa gesa mengabitkan kepanikan dan mengacaukan pikiran serta pelajaran yang telah kita pelajari sebelumnya.
  1. Bersikap sopan
Berpenampilan rapi dan bersikap sopan merupakan nilai tambah untuk kita sebagai calon pekerja. Mulailah dengan memberi salam serta berjabat tangan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi sedikit ketegangan dengan interviewer.
  1. Aktif dalam percakapan
Hal ini kita terapkan untuk menciptakan kesan yang akrab dengan interviewer. Aktif dalam percakapan tak berarti kita harus berbicara banyak. Bicaralah dengan singkat dan jelas ketika interviewer mengajukan pertanyaan.
  1. Menguasai materi yang akan diuji
Sebagai usaha untuk mengurangi tingkat nervous kita dalam interview pekerjaaan, cobalah pelajari berbagai jenis pertanyaan yang mungkin akan diajukan kepada kita saat interview. Persiapkan jawabannya sebelum hari H.
  1. Memperlihatkan minat dan semangat
Ekspresi wajah kita akan sangat berpengaruh pada kesan interviewer terhadap kita. Ekspresi yang monoton tidak akan membuat interviewer berminat dan yakin akan kemampuan kita. Ceritakan tentang pengalaman yang telah kita jalani dengan ekspresi yang bersemangat untuk meyakinkan interviewer bahwa kita akan sukses melakukan pekerjaan yang baru nantinya berkat pengalaman dimasa lalu.
  1. Mengucapakan salam

Setelah wawancara selesai jangan lupa ucapkan terima kasih pada interviewer karena kita telah diberikan kesempatan untuk interview meskipun kita nantinya tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak tertarik pada pekerjaaan tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar