Minggu, 01 April 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Budaya adalah sesuatu yang harus dijaga, dilestarikan, dan dikenalkan kepada dunia. Karena budaya merupakan baguan dari sebuah bangsa yang besar seperti Indonesia. Budaya Indonesia akan mencerminkan bangsa Indonesia. Mungkin itu kata yang tepat untuk mendeskripsikan bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang sangat bermoral. Terdiri dari ribuan pulau tentu saja ribuan budaya pula yang terdapat di Indonesia dan berarti ribuan pula budaya yang perlu dijaga, dilestarikan, dan diperkenalkan pada dunia agar dunia pun dapat menghargai bangsa Indonesia. 
Banyak buadaya yang telah diperkenalkan terhadap dunia namun ada juga beberapa budaya yang diakui oleh negara lain. Budaya yang diperkenalkan antara lain seperti Batik, Tedak Sinten, Tari Pendet. Dan ada juga beberapa kesenian yang dipelajari ketika pertukaran pelajar di Indonesia dan diawali pada tahun 2003 diantaranya Saung Angklung Udjo di Bandung, Sanggar Tari Soeryo Soemirat (Solo), Sanggar Semarandana (Bali), Rumah Budaya Rumata (Makasar) dan Studio Tydif (Surabaya). (sumber : http://beritasurabaya.net/index_sub.php?category=14&id=6087). Namun ada juga beberapa budaya Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga Malaysia yaitu Lagu Rasa Sayang Sayange, Tari Reog Ponorogo, Lagu Injit Injit Semuat dan beberapa kebuadayaan lainnya. (sumber : http://duniakusukasuka.blogspot.com/2009/10/daftar-budaya-indonesia-yang-diklaim.html). 

Keterikatan manusia dengan kebudayaan amatlah erat. Mungkin bangsa Indonesia dapat menjadi contoh, budaya yang melekat oleh rakyat Indonesia saja masih bisa diklaim oleh negara lain bagaimana jika rakyat tidak mencintai budayanya? Untuk itulah sebagai penerus bangsa para leluhur telah mewariskan berbagai macam kebuadayaan kepada kita sebagai penerus bangsa untuk menjaga, melestarikan, dan memperkenalkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budayanya. Cintailah budayamu sebagaimana para leluhur menciptakan dan mewariskannya kepada kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar