Minggu, 01 April 2012

MANUSIA DAN KESUSASTRAAN

MANUSIA DAN KESUSASTRAAN

Manusia tak pernah lepas dari sebuah sastra. Sastra sangatlah terikat dalan pikiran kita sebagai manusia. Manusia tercipta memiliki rasa, sedangkan sastra timbul karena adanya rasa yang ingin diungkapkan dari seorang manusia. Sastra sebuah ungkapan jiwa, semia manusia berhak mengungkapkan apa yang sedang dirasakan melalui sebuah karya. Banyak karya yang bisa diungkapkan oleh manusia, entah melalui puisi, prosa ataupun cerita.

Mungkin sastra adalah sebuah ungkapan yang disampaikan manusia yang secara sadar ataupun tidak sadar. Tidaklah susah membuat sastra hanyalah saja diksi atau pemilihan kata yang membuat kita bingung mengungkapkannya. Sangatlah penting pemilihan kata yang kita perlukan karena sebuah sastra akan lebih indah jika kita membuatnya dengan kata kata yang indah.

Banyak sastrawan yang terkenal karena pemilihan kata yang digunakan sangatlah tepat. Dan tentu saja banyak karya yang telah mereka ciptakan. Maka dari situlah mereka sangatlah terkenal. Kata demi kata yang ditulis dapat membuat indah sebuah karya sastra. Ungkapan yang dikeluarkan dapat membuat para pembecanya luluh dan seakan terbawa dengan suasana yang disampaikan oleh penulisnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap manusia bisa menjadi sastrawan tentu dengan karya karya yang telah diciptakannya. Dan yang lainnya berhak mengapresiasikan sastra tanpa menjiplak karya sastra orang lain. :D

0 komentar:

Posting Komentar